• Posted by : Rajo Senin, 06 Mei 2019

    Assalamualaikum wr, wb
         Disini saya akan membuat "Aplikasi Sederhana Android Di Eclipse", oke langsung saja lihat step by stepnya pada gambar dibawah ya

    Pertama, kita buka dulu aplikasi "Eclipse"nya

     Selanjutnya, Pilih File - New - Project

     Lalu, Pilih Android - Android Application Project

     Oke, Disini ikutin saja optionnya seperti gambar dibawah

    Selanjutnya, Next saja 

     Nah, Disini untuk mengedit icon aplikasi yg kita akan buat, kalau sudah pencet "Next"

     Oke, pilih "Blank Activity", lalu "Next"

     Terakhir, "Finish", tunggu beberapa saat seperti gambar dibawah

     Nah sudah jadi tampilan aplikasi kita, selanjutnya kita akan memodifikasinya

    Oke pertama, saya akan menambahkan text, drag "TextView" ke tampilan android

     Nah, sudah masuk "TextView"nya, untuk menggantinya arahkan kursor saja ke pojok kanan di "Text", ganti "TextView", dengan tulisan yg kalian mau buat

     Okeh, disini tulisan saya sudah terganti

     Selanjutnya, kita buka "activity_main.xml"

     Oke, perintah dibawah ini adalah untuk memberikan "BOLD" pada tulisan

     Lanjut, perintah dibawah ini untuk merubah ukuran text

     Selanjutnya, perintah dibawah ini untuk merubah warna text, kode warna text bisa kalian dapatkan di google

     Nah, sekarang kita lihat hasilnya, tadi saya membuat bold pada text, merubah ukuran text, dan merubah warna text, oh iya jangan lupa sehabis di edit, di save ya, CTRL + S

     Selanjutnya, saya menambahkan "button", caranya seperti tadi, tinggal di drag aja icon "button"nya di "Form Widgets"

     Sekarang, kita akan menambahkan gambar, Klik kanan pada folder Res - New - Folder

     Di step selanjutnya, saya memberikan nama folder baru "drawable, klik finish jika sudah

     Selanjutnya, kita copy gambar yang akan dimasukan ke folder yang kita buat tadi, disini nama gambar saya "log.png"

     Selanjutnya, buka "Images & Media", drag "ImageView", cari gambar yang tadi kita copy, setelah itu "OK" 

     Nah, gambar berhasil kita masukan ke tampilan android kita

    Selanjutnya, saya akan mengganti model font, cari "Typeface" kemudian klik tanda "Titik3" dikanannya

     Oke, nanti akan terbuka pilihan fontnya, disini pilihan fontnya hanya ada sedikit, saya pilih "monospace", klik "OK"

    Oke, Fontnya sudah terganti ke "monospace" 

    Selanjutnya kita akan test run aplikasi yang kita buat, klik kanan pada "activity_main.xml" - Run As - 1 Android Application

     Tunggu beberapa saat sampai terbuka menu androidnya

    Nah androidnya sudah terbuka, sekarang kita buka aplikasi yang kita buat tadi, Klik menu yg ada di tengah layar

     Cari nama aplikasi yang kita buat tadi, disini nama aplikasi saya "AndroidCuy", tinggal klik saja

    Nah disini sudah berhasil, aplikasi saya terbuka sesuai dengan yang saya modifikasi tadi
    Demikian tutorial diatas
    Wassalamalamualaikum wr,wb




    SEMOGA TUTORIAL DIATAS BISA MEMBANTU
    APABILA ADA SALAH ATAU KURANG
    MOHON DIMAAFKAN
    SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA BAGI YANG MENJALANKANNYA 

    Dibuat oleh : Mochamad Nur Ramadhan
                          NIM      : 13170859
                          KELAS : 13.4A.11

    UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA
    JATIWARINGIN



    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © 2016 - MOCHAMAD NUR RAMADHAN - SHONEN JUMP ONEPIECE

    Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan